5 suporter fanatik di indonesia


    Di indonesia terdapat banyak klub sepak bola yang bermain di kompetisi liga 1,liga 2,liga 3,dan liga nusantara,yang banyak dikenal dengan suporter fanatiknya. Suporter fanatik akan mendukung tim kesayangannya di kompetisi manapun. Aksi yang mereka sajikan bisa dibilang luar biasa. Koreo dan nyanyian para suporter sepak bola Indonesia ini akan membuat kita kagum.

        Basis suporter yang besar membuat stadion penuh sesak untuk menonton laga pertandingan sepak bola. Di Indonesia sendiri ada banyak suporter fanatik. Mereka juga dikenal sebagai fans klub yang kompak dan kreatif. Terbukti aksi-aksi mereka di dalam stadion sangat menakjubkan.

Berikut ini adalah 5 Suporter fanatik di indonesia :

1. Brigata Curva Sud(BCS) - PSS Sleman


        Brigata Curva Sud(BCS). Dengan sebutan tersebut jelas mereka adalah yg menempati tribun selatan,mereka adalah fans dari PSS Sleman(Super Elja). Indonesia sempat gempar melihat koreografi yang sangat apik mirip koreografi ala ultras di Italia. Mereka bukanlah suporter pertama yg pendukung pss sleman,karena lebih dulu ada Slemania, namun nama BCS terkenal setelah beberapa koreografi di beberapa media sosial dan mereka menjadi perhatian dengan ciri khas mereka yaitu memakai kostum hitam. Meskipun PSS Sleman sendiri berkostum hijau. Meskipun mereka tak sebanyak bonek, bobotoh dan aremania tetapi mereka memiliki nilai plus tersendiri,bahkan dunia pun tak ragu kalau koreografi mereka luar biasa.

2. Aremania - Arema FC


       Salah satu kelebihan dari Aremania adalah kreatifitas dan terobosan baru yg selalu muncul. Tentu kita ingat chant Salam Satu Jiwa yang sudah menjadi ciri khas Arema,tetapi meskipun chant tersebut sangat identik dengan Aremania tetapi Aremania tak serta merta puas akan itu mereka menciptakan banyak chant untuk dukungan yg paling teranyar tentu chant AremaSlamanya,dll.

3. Bobotoh - Persib Bandung


        Bobotoh adalah suporter terpopuler di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan Persib bukan hanya milik Bandung, tetapi milik warga Jabar. Mungkin dikarenakan tak ada klub yang menandinggi nama besar Persib. Hal lain mereka memiliki kelebihan yaitu atmosfer yang luar biasa di dalam maupun diluar stadion,bandung seakan menjadi lautan biru ketika persib meraih juara. Bobotoh adalah salah satu faktor bagi pemain yg betah di persib. Bobotoh adalah nama pemersatu dari beberapa suporter Persib yaitu Viking,Bomber dll.

4. The Jakarta - Persija Jakarta


        Pendukung Persija(The jakmania) dengan ciri khas orangenya, meskipun dulu jersey persija merah, tapi lambat laun pengalihan warna merah ke orange sejalan dengan lahirnya The Jakmania dan sebutan Macan Kemayoran. Ciri khas The Jakmania tentu saja salam jempol telunjuk seakan menjadi simbol wajib disamping macan sendiri.

5. Bonek - Persebaya


         Bonek adalah suporter dengan basis terbesar di Indonesia. Makna kata bonek berarti bondho nekat,dibuktikan dengan fanatisme yang dilakukan,tetapi soal fanatisme tak perlu diragukan lagi dengan penuhnya laga kandang dan selalu ada di laga tandang asalkan ada izin kepolisian. Tetapi suporter ini mati suri setelah persebaya 1927 vakum karena dualisme dan enggan mendukung persebaya ISL yang mereka anggap klub kloningan.

-Dari berbagai sumber-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MUDAH MENDAPATKAN SMARTPHONE GRATIS